Sabtu, 23 Februari 2013

Momong....The Best Hidden Beach to Hideaways

(all photos are courtesy of Arie Yamani)


TERNYATA masih banyak pantai-pantai indah yang tersembunyi di sepanjang pesisir barat Aceh. Mengeksplornya adalah suatu tantangan tersendiri. Salah satunya adalah pantai Momong. Pantai dengan nama yang unik ini berada di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar.


Tidak banyak yang mengetahui letak pantai ini. Namun jika kita berdiri di pantai Lampuuk maka Momong akan terlihat berada di balik bukit batu di sebelah kanan. Bukit batu yang menjadi punggung Joel's Bungalow.
Dan Joel's Bungalow juga yang menjadi patokan awal untuk mengakses lokasi ini. Sebelum mencapai pintu gerbang penarikan retribusi menuju Joel's Bungalow, pengunjung harus mengarahkan kendaraannya ke jalan setapak yang ada di sebelah kanan.


Karena letaknya yang tersembunyi, akses menuju pantai ini termasuk sulit. hanya kendaraan roda dua yang bisa masuk sebatas pagar kebun penduduk. Dari tempat penghentian terakhir sepeda motor, pengunjung harus melewati jalan setapak yang berjarak sekitar 500 meter menuju Momong.



Jalan setapak yang juga bersisian dengan kebun-kebun penduduk akan terasa berat dan licin ketika hujan. Setelah itu pengunjung akan mendaki satu tanjakan bukit dan diakhiri dengan melintasi kanopi alam hutan hujan tropis yang teduh dengan diameter ranting yang cukup lebar. Disini pengunjung sayup-sayup sudah dapat mendengar deburan ombak pantai Momong.




Semua kelelahan yang ditempuh dengan berjalan kaki akan terbayar lunas begitu kita berada di ujung hutan hujan tropis, yang bersentuhan langsung dengan bibir pantai Momong.

Akhirnya, kita akan dihadapkan pada pesona pantai pasir putih yang luar biasa indah dan alami. Menceburkan diri dis ini tentunya adalah pilihan yang menyenangkan dari akhir perjalanan.

Meski pantai ini dilindungi dua bukit di kiri dan kanannya, namun hanya bukit di sebelah kiri yang menjorok ke laut. Sehingga pengunjung masih dapat menyusuri sisi pantai di bawah bukit di sebelah kanan.


Namun lokasi ini bukanlah tempat yang tepat untuk mandi karena sisi pantai di bawah bukit di sebelah kanan ini dipenuhi oleh bongkahan batu-batu alam dengan ukuran besar dan karang karang di laut.
Keindahan tersembunyi dari pantai ini ternyata juga menjadi pilihan para pemancing. Selain itu, jika beruntung pengunjung dapat melihat sekumpulan monyet-monyet ekor panjang yang bergelantungan di pohon-pohon yang kokoh berdiri di sepanjang pantai ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar